Aku

                                                                              "ibu kenapa kita miskin?". Aku tanya ibu sedih. Dengan senyum bijaksananya ibu menjawab "karena Allah sayang kita". Aku merengek tidak terima "jika Allah sayang kita, kenapa kita tidak diberikan kecukupan oleh Allah?", temen - temen ku bisa naik mobil ke sekolah. Punya pakaian yang bagus ". Ibu membelai hijabku" itu karena mereka rajin mengambil perhatian Allah "trus aku protes lagi" mereka tidak pernah shalat bu, bahkan kedua orang tua nya sibuk bekerja ". Lagi-lagi ibu tersenyum," nak, kita hanya manusia biasa. Pandangan kita hanya terbatas sebagai manusia. Kita tidak pernah tahu apa yang dilakukan orang lain termasuk temanmu. Mungkin di mata kita dia tidak pernah shalat tapi kita tidak pernah tahu aktivitas mereka di belakang kita. Mungkin mereka rajin sedekah atau mungkin shalat nya di belakang kita. Dia tidak riya sayang "." gak mungkin bu dia shalat, orang setiap adzan dia malah pergi ke kantin sekolah, pernah suatu kali aku ajak dia shalat. Alesannya macam - macam bu". Aku mencoba membenarkan argumenku.  Ibu hanya tersenyum simpul.   
                                                                            "istidraj. Istidraj adalah kesenangan yang diberikan di dunia. Atau siksaan berwujud kenikmatan . Bla... Bla... Bla. Pak umar menjelaskan padaku. Pak umar seorang guru agama yang sangat bersahaja, pembawaannya lembut dan sopan tapi sayang dia belum menikah. Hihi padahal pak Umar menginjak 30 tahun, tahun ini. Oh andaikan saja pak Umar mau dengan ku. 
                                                        Plak!!!! Bicara apa aku ini.  Aku menyadarkan diri dari lamunanku.  Aku pulang ke rumah, ku dapati ibu sedang menanak nasi di dapur. Asap dari tungku kayu bakar membumbung tinggi memenuhi seisi ruangan. Karena menggunakan kayu bakar, dapur kami tampak menghitam dari asap tersebut.                                                             Kemiskinan tak membuatku patah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nek! Kalau Nanti Aku Sembuh, Aku Berangkatkan Nenek Naik Haji

Panggil aku dinar 2

Dibalik Nama Dinar