5 Tips Belajar Online Marketing
Sumber foto : pixels production inc 

Di zaman yang serba online saat ini, semua bisa dilakukan secara online, mulai dari memesan makanan, memesan kendaraan bahkan melakukan sosialisasi. Belajar Online marketing merupakan suatu metode untuk bisa belajar meningkatkan target penjualan secara online. 

Online marketing sangatlah dibutuhkan untuk saat ini, merambahnya masyarakat ke media sosial. Banyaknya media sosial yang bermunculan dengan jutaan pengguna. Media sosial merupakan sasaran empuk bagi online marketing untuk mempromosikan produk atau jasa yang dihasilkan. Itu sebabnya online marketing merupakan hal yang sangat penting untuk menjalankan bisnis online. 

Belajar online marketing sangatlah mudah, namun perlu mempelajari tips - tips berikut ini :

  • 1.  Pelajari pangsa pasar 
Sekalipun dunia online, namun tetap saja harus mempelajari pangsa pasar, agar produk atau jasa yang dipasarkan bisa tepat sasaran. 
  • 2. Pelajari fitur media online 

Berbicara online pastinya berhubungan dengan fitur - fitur yang ditampilkan. Mempelajari fitur tersebut penting, dikarenakan lewat fitur tersebut dapat berinteraksi dengan calon pembeli. 

  • 3. Pelajari target marketing 

Target marketing hampir sama dengan pangsa pasar. Hanya saja, target marketing lebih terfokus pada konsumen yang dituju. Untuk yang satu ini, harus mengetahui product knowledge agar tahu kemana arahnya target marketing tersebut. Untuk mengetahui target marketing maka langkah pertama harus menguasai product knowledge. Dari situ kemudian tahu kemana target yang akan dituju. Jangan sampai kita kehilangan arah, maksudnya adalah jangan sampai salah menentukan target. Contohnya : produsen buku diary akan menemukan target marketing pada remaja dan pelajar, namun karena kurangnya product knowledge dari tim marketing, buku diary yang seharusnya ditujukan untuk remaja dan pelajar ini malah ditujukan untuk kaum ibu rumah tangga, misalnya, maka hal tersebut dapat berakibat tidak tepat sasaran atau target marketing tidak tercapai. 
  • 4. Pelajari Media Sosial 
Online marketing berhubungan erat dengan pemasaran di media sosial. Pelajari lebih dalam tentang media sosial tersebut. Ada sosial media yang memperbanyak follower, ada juga sosial media yang menambahkan pertemanan. Semakin banyak follower semakin banyak pula interaksi dengan calon konsumen. Berinteraksi dengan calon konsumen itu lebih baik, karena dari interaksi tersebut kemungkinan konsumen tertarik sebesar 50%. Terlebih jika admin online marketing tersebut dapat mengemas kata - kata yang membuat konsumen tertarik. 
  • 5. Pelajari strategi menarik konsumen. 
Media sosial adalah lahan yang empuk untuk mempromosikan produk atau jasa yang dihasilkan. Banyaknya pengguna media sosial, tidak semua tertarik dengan produk atau jasa tersebut. Oleh sebab itu, mempelajari strategi menarik konsumen sangatlah penting. Strategi marketing itu sendiri minimal orang mengetahui produk atau jasa yang dihasilkan tersebut. Setelah konsumen atau calon konsumen tahu, maka langkah selanjutnya adalah mempromosikan produk atau jasa yang dihasilkan tersebut. Promosi itu penting guna berinteraksi dengan calon konsumen. 

Demikian 5 tips cara mempelajari online marketing. Online marketing sama saja dengan marketing, yaitu berfungsi untuk menarik konsumen, hanya saja target pemasarannya berbeda. Online marketing melakukan pemasaran di media online baik itu jejaring sosial maupun internet. 
. Online marketing harus selalu stand by selama 24 jam. Hal ini dilakukan karena untuk menangkap peluang mendapatkan konsumen. Konsumen bisa datang kapan saja, terlebih di dunia online. Pengguna internet lebih banyak mengakses internet di malam hari. Hal tersebut dikarenakan provider yang memberikan fasilitas gratis dan murah akses internet dilakukan di jam - jam tertentu. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nek! Kalau Nanti Aku Sembuh, Aku Berangkatkan Nenek Naik Haji

Panggil aku dinar 2

Dibalik Nama Dinar