Mengenal Lebih Dekat Marck Zuckerberg, Sang Pendiri facebook yang Sukses

 

Siapa yang tidak memiliki akun facebook? Saat ini banyak dari berbagai kalangan, dan juga  jenjang usia yang memiliki akun yang dapat menghubungkan banyak orang ini. Ya, Facebook lahir sebagai jejaring sosial No. 1 di dunia. Tidak tanggung-tanggung, pemilik akun aktif facebook mencapai 2 milyar orang dan terus bertambah setiap tahunnya.  Semua itu berkat tangan dingin sang pendiri facebook,  Marck Zuckerberg.

 

Pria yang lahir di White Plains, Newyork, tepatnya pada tanggal 14 Mei 1984 telah mengalami jatuh bangun untuk mendirikan jejaring sosial ini. Berbagai penolakan diterimanya,terutama dari kampus tempatnya dulu kuliah, Harvard University sebelum akhirnya facebook diterima oleh banyak penduduk di dunia. Bahkan, tokoh sentral facebook ini telah terlahir sebagai seorang centribilioner termuda.

Lantas, siapakah Marck Zuckerberg, sang pendiri Facebook ini? Mengapa dia begitu fenomenal dengan menciptakan facebook? Selengkapnya akan dibahas dalam artikel ini. Termasuk, tentang facebook yang menjadi jejaring sosial yang begitu menggurita di penduduk dunia hingga mengantarkan seorang Zuckerberg menjadi salah satu tokoh terkaya, sekelas dengan Bill Gates dan Jeff Benzos.

Latar Belakang Pendidikan

 

Seorang Marck Zuckerberg, pendiri facebook  ini adalah anak dari pasangan Edward Zuckerberg dan Karen Zuckerberg . Ayahnya yang merupakan seorang psikolog ini, mengetahui bakat putra keduanya sangat menyukai komputer. Itulah sebabnya, ayahnya memfasilitasinya dengan komputer lengkap di rumahnya. Termasuk menghadirkan guru les privat komputer, David Newman untuk mengajarinya.

Zuckerberg pun bersekolah di Philips Exeter Academy, sebuah sekolah preparatory eksklusif di New Hampshire. Dari sini, bakatnya di bidang komputer semakin terlihat. Terbukti dengan menciptakan plug in MP3 player Winamp bersama dengan temannya D ‘Angelo.  Hasil ciptaanya tersebut membuat pria 36 tahun ini semakin antusias mempelajari komputer.

Penciptaan tersebut sangat terkenal hingga terdengar sampai ke perusahaan software komputer besar, yaitu AOL dan Microsoft. Bahkan saat itu, kedua perusahaan tersebut menawarkan pekerjaan sebelum lulus untuk bekerja di perusahaan tersebut. Namun, Marck Zuckerberg menolaknya, dan ingin menuntaskan pendidikannya.

 

Pengalaman Kuliah

 

Setelah lulus dari Philip Exter Academy (PEA). Sang pendiri faceboook ini melanjutkan kuliahnya ke kampus terkenal di seantero dunia, Harvard University. Dari sini ide untuk menciptakan facebook berasal. Sayangnya, Marck Zuckerberg harus drop out dari kuliahnya karena lebih fokus pada Facebook.

Di tahun kedua  perkuliahannya, Marck Zuckerberg , sang pendiri Facebook  ini  berhasil untuk menciptakan software khusus yang berguna untuk membantu para mahasiswa untuk memilih kelas mereka berdasarkan pilihan pelajaran. Program tersebut, dinamakan Course Match. Ide briliannya tersebut semakin berkembang untuk lebih menyempurnakan Facebook.

 

Tepatnya pada tahun 2004, bersama dengan ketiga teman asramanya di Harvard University, yaitu Divya Narendra, Twins Cameron, dan Tyler Winklevoss membuat buku kelas online untuk menghubungkan antar mahasiswa di Harvard. Sayangnya, ide tersebut ditolak oleh pihak kampus. Bahkan Zuckerberg tersangkut masalah hukum karena nya. Hal tersebut berdasarkan pada tuduhan pencurian data mahasiswa Harvard.

 

Sekalipun tersandung masalah hukum akan ciptaanya, Marck Zuckerberg, sang pendiri Facebook ini tidak kapok dan menyerah untuk terus mengembangkan Facebook. Kegigihan tersebut menghasilkan karya yang bisa kita semua manfaatkan saat ini. Banyak hal yang telah dikorbankan seorang Marck Zuckerberg ini , salah satunya waktu kuliahnya yang terbengkalai hingga mengalami drop out.  

Menciptakan FaceMash

 

Sebelum menciptakan Facebook, Marck Zuckerberg , sang  pendiri Facebook  menciptakan FaceMash terlebih dahulu. Ide tersebut didapatnya saat di asrama kampus sering mengalami insomnia pada malam hari. Waktu tersebut dimanfaatkan untuk menyusun koding dan merekayasa ptogram, yang selanjutnya dinamakan FaceMash.

 

FaceMash berbeda dengan Facebook. Situs ini diciptakan untuk melakukan voting. Bahkan ketika itu, ide konyolnya muncul dengan mengambil foto perempuan mahasiswa Harvard, lalu mengetikan kata “siapa yang paling seksi?", kemudian disebarkan kepada seluruh mahasiswa Harvard untuk kemudian dilakukan voting.

Walaupun berawal dari ide konyol, namun situs tersebut memperoleh banyak pengunjung dari mahasiswa Harvard . Bahkan, servernya mengalami overloadkarena terlalu banyak pengunjung. Dari situ, Marck Zuckerberg pun dipanggil oleh pihak komite sekolah dan mendapatkan sanksi disiplin. Padahal pada saat itu, pihak komite sekolah mengakui kepintaran seorang Marck Zuckerberg.

 

Pihak Harvard sendiri, tidak berkomentar banyak bahkan sulit dimintai keterangan atas kejadian tersebut. Pasalnya, FaceMask sendiri melakukan peretasan atau hacking pada data base Harvard University. Hal tersebut merupakan sebuah pelanggaran. Walaupun demikian, kecerdasan Marck Zuckerberg diakui oleh pihak kampus.

Berdirinya Facebook

 

Bersama dengan salah satu teman seasramanya, Divya  Narendra, ikut berbicara untuk mencetuskan ide pembuatan jejaring sosial, tepatnya sekitar 10 bulan sebelum FaceMash dirilis.  Jejaring sosial tersebut dikhususkan untuk mahasiswa Harvard. Ide ini menjadi cikal bakal dilahirkannya situs jejaring sosial Facevook. Walaupun banyak mahasiswa kurang begitu antusias dalam menanggapinya.

 

Divya Narendra memiliki teman kembar, yaitu Tyler dan Cameron Winkloves.  Ayah dari kedua temannya ini adalah seorang konsultan keuangan yang sukses. Sehingga, mendukung  permodalan yang dibutuhkan anaknya untuk turut serta dalam pendirian Facebook ini. Awal berdirinya Fcebook ini tidak mengalami kendala dari segi permodalan.

 

Dalam perbincangan antara Narendra dan Marck, Narendra mengusulkan untuk memberi nama jejaring sosial itu dengan nama Harvard Connection , selanjutnya berganti nama menjaDI ConnectU. Jejaring sosial tersebut memungkinkan penggunanya untuk posting segala sesuatu di internet, memanfaatkan link, dan menggunakan data serta foto pribadi.

Setelah melakukan pertemuan dengan Narendra dan kedua teman kembarnya tersebut. Marck menyetujui untuk turut serta bergabung dalam pembuatan jejaring sosial tersebut, sebagai seorang programmer. Marck menggunakan nama domain TheFacebook.com. Saat ini, banyak orang yang mengenalinya sebagai Facebook.com

Terlibat Skandal

 

Sebelum dilegalisasi, Marck Zuckerberg, sang pendiri Facebook mendapatkan tuduhan pencurian ide oleh Divya Narendra dan si kembar, Winklobves. Mereka mengklaim bahwa pada tahun 2003 hanya menyewa seorang Marck Zuckerberg untuk membantu merancang pembuatan jejaring sosial yang diberi nama Harvard Connection.

Kasus tersebut dibawa oleh Narendra dan temannya ke pengadilan, dengan tudingan bawha Marck Zuckerberg, pendiri Facebook  telah  melakukan pelanggaran hak cipta dan pencurian kekayaan intelektual. Namun, pengadilan tidak dapat mencari bukti-bukti tersebut , hingga Zuckerberg pun terbebas dari tuduhan tersebut.

Narendra dan kedua teman kembarnya merasa geram, hingga akhirnya mereka bertiga  mendirikan jejaring sosial yang diberi nama ConnectU untuk melanjutkan proyeknya yang sempat tertunda. Sayangnya, proyek jejaring sosial yang dirilisnya tersebut, tidak begitu mendapat sambutan. Terbukti pada saat itu, ConnectU hanya memiliki 100.000 pengguna, sementara Facebook memiliki 150 juta pengguna.

 

Kasus tersebut membawa namaMarck  Zuckerberg, sang pendiri facebook ini  ke media cetak, sebagai seseorang yang telah melakukan pencurian data. Hal tersebut tentunya sangat menyinggung Zuckerberg,hingga Zuckerberg mau membayar $ 45 juta, dengan rincian $ 20 juta tunai, dan sisanya berupa  saham Facebook pada ConnectU untuk menyelesaikan kasus tersebut.

 

Bill Gates dan Facebook

Pada tahun 2007, Microsoft mengakuisisi saham Facebook sebesar 1,6%. Hal tersebut merupakan salah satu pencapaian sukses yang dilakukan oleh Facebook. Kekayaan Facebook pada saat itu meningkat menjadi  $15 milyar. Bahkan Bill Gates pun memiliki dan menggunakan akun Facebook pada saat itu.

Bill Gates berkomunikasi dengan banyak orang melalui akun Facebooknya. Namun, karena sesuatu hal, Bill Gates menutup akun Facebooknya tersebut. Hal tersebut dilakukannya guna perkembangan Microsoft. Microsoft dan Facebook melakukan perjanjian untuk menyelenggarakan iklan eksklusif. Perjanjian tersebut berlangsung hingga tahun 2011.

Sejak Bill Gates bergabung dengan Facebook, Facebook berhasil mengepakan sayap kesuksesannya. Pendapatan Facebook sendiri terus meningkat, yang sebelumnya hanya memiliki rata-rata pendapatan sekitar $200 juta. Hal tersebut merupakan titk awal  kesuksesan Facebook. Bahkan Bill Gates sendiri berkomunikasi dengan publik melalui Facebook ini, sebelum akun Facebooknya ditutup.

 

Microsoft dan Facebook ibarat simbiosis mutualisme. Keduanya saling memberikan keuntungan. Microsoft membutuhkan pengiklan melalui jejaring sosial tersebut, dan Facebook sendiri membutuhkan donatur untuk perkembangan perusahaannya. Oleh sebab itu, Marck Zuckerberg dan Bill Gates melakukan kerjasama.  Hal tersebut karena ide cerdas sang pendiri facebook

 

 

 

 

Bagaimana Facebook Menciptakan Uang?

 

Tentunya banyak orang yang penasaran, bagaimana jejaring sosial ini bisa m,enghasilkan uang? Penghasilannya didapatkan dari iklan yang terdapat pada halaman Facebook, serta jumlah pengguna akun aktif yang terus bertambah tiap tahunnya. Lama waktu penggunaan facebook  oleh pemilik akun tersebut diubah menjadi pendapatan iklan.

 

Sebagian lain dari pendapatannya berasal dari game Farmville, yang dipopulerkan oleh Zynga. Para gamer yang memainkan game tersebut menyumbangkan 15% dananya untuk Facebook. Misalnya jual beli bibit, biji-bijian, dan buah-buahan pada game tersebut, secara virtual. Game ini merupakan salah satu game populer yang harus memiliki akun Facebook.

Tiap tahun pendapatan Facebook terus bertambah. Hingga pada tahun 2014 kekayaan Facebook mencapai $15 milyar. Penghasilan tersebut sebagian didapatkan dari omzet penjualan barang virtual yang mencapai $7 milyar. Walaupun hal tersebut, dinilai tindakan yang gegabah. Baanyak orang yang menyangsikan Facebook akan hancur melalui jual beli barang virtual tersebut.

Kecerdikan Marck Zuckerberg, sang pendiri Facebook  semakin dibuktikan untuk mengembangkan Facebooknya dengan menciptakan layanan pesan berbayar pada awal januari 2013. Facebook menerapkan ketentuan untuk membayar $1, jika ingin mengirimkan pesan pribadi pada pemilik akun yang tidak terdaftar pada daftar teman pemilik akun tersebut.

Mengakuisisi Instagram, Oculus Rift, dan WhatsApp

 

Pendiri facebook ini merupakan seseorang yang cerdas dalam berstrategi, khususnya dalam mengembangkan Facebooknya.  Dia mengakuisisi beberapa jejaring sosial besar, seperti instagram. WhatsApp, Oculus Rift yang bernaung di bawah payung Facebook. Dengan demikian, Facebook semakin bertambah besar. Pasalnya, pengguna akun jejaring sosial tersebut merupakan bagian dari Facebook.

Jejaring sosial Instagram, yang merupakan jejaring sosial populer untuk membagikan foto. Jejaring sosial tersebut diakuisisi oleh Faceboook pada tahun 2012. Tepatnya pada bulan April, pendiri Instagram, Mike Krieger dan Kevin Systrom menyetujui akuisisi tersebut. Zuckerberg pun memberikan $1 juta dalam bentuk tunai dan pembelian saham  untuk persetujuan proses akuisis tersebut.

Facebook pun mengakuisisi Oculus Rift, senilai $2 juta . Dengan $400 milyar dalam bentuk tunai, $23,1 milyar dalam bentuk saham, serta $300 milyar dalam bentuk insentif jika Oculus Rift menuai keuntungan di kemudian hari. Palmer Freeman Lucky, sebagai pendiri oculus Rift, menyetujui akan kerjasama bisnis tersebut.

 

Pada October 2014, melengkapi pembelian jejaring sosial besar lainnya, yaitu WhatsApp. WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan, yang didirikan oleh Jan Koum dan Brian Action pada tahun, 2009. Pendiri Facebook ini membeli seharga $22 juta. Dengan rincian, $4,59 juta dalam bentuk tunai, serta $177.760.669 dalam bentuk saham.

Tercatat di Majalah Time 2010 Sebagai ‘Person of The Year

 

Sang pendiri Facebook ini dicatat di majalah Times, sebagai person of the year pada tahun 2010. Marck Zuckerber mengalahkan Lady Gaga, James Cameron, serta pendiri Wikileaks, Julian Assange.  Hal tersebut berdasarkn pertimbangan, karena Marck telah berhasil menghubungkan 9 juta orang di dunia. Disamping itu, Facebook dianggap sebagai negara ketiga terbesar di dunia, karena banyaknya penggguna.

Majalah ini pun berpendapat, tidak ada orang yang paling berpengaruh selain Marck Zuckerberg, pendiri Facebook  yang sukses di usia muda.  Ya, Zuckerberg  masuk ke dalam daftar orang terkaya di dunia di bawah usia 40 tahun. Bahkan kekayaanya tersebut sejajar dengan Bill Gates dan Jeff Benzos.

Pada tahun yang sama, Marck Zuckerberg, sang pendiri Facebook ini tercatat sebagai orang terkaya berusia muda versi majalah Forbes. Bahkan saking populernya , kisahnya pun diangkat dalam serial layar lebar, dengan judul ‘The Social Networking’.  Film ini diproduseri oleh \David Fincher, dengan pemeran utamanya yaitu Jesse Eisenberg.

 

Sebelumnya, majalah ini mencatat Bill Clinton dan Barack Obama serbagai person of the year. Hal tersebut membuktikan, daftar orang yang masuk ke majalah ini adalah bukan orang yang sembarangan. Demikian juga dengan Marck Zuckerberg, dunia telah mengakui kecerdasan sang pendiri Facebook ini.

 

itulah cerita tentang sang pendiri facebook, Marck Zuckerberg dibalik kisah sukses dalam mendirikan Facebook. Diharapkan, kisah hidupnya menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk tidak mudah menyerah dalam berinovasi. Terutama , harus terus mau belajar untuk menciptakan karya yang sempurna. Seperti halnya yang dilakukan oleh Marc Zuckerberg ini.  

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nek! Kalau Nanti Aku Sembuh, Aku Berangkatkan Nenek Naik Haji

Dibalik Nama Dinar

Panggil aku dinar 2